Pelantikan Komisaris Utama Independen Bank Bengkulu
RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM BANK BENGKULU TAHUN BUKU 2018
Bank Bengkulu Pasti Mengembalikan Amortisasi
Bank Bengkulu Cabang Pembantu Topos Lebong siap beroperasi dan telah diresmikan Bupati Kabupaten Leb
Bank Bengkulu Salurkan CSR Bedah Rumah di 9 Kecamatan Kota Bengkulu

CALL CENTER

KATEGORI

PHOTO

VIDEO

Statistik

Pengunjung hari ini : 39
Total Pengunjung : 308157

Hits hari ini : 138
Total Hits : 1368914

Bank Bengkulu Salurkan CSR Bedah Rumah di 9 Kecamatan Kota Bengkulu

Berita | 284 Kali Dibaca

       Raut bahagia mewarnai wajah sembilan warga Kota Bengkulu, saat menerima bantuan bedah Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Bengkulu. Bantuan untuk renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tersebut kemarin (16/1) telah diserahkan secara simbolis di RT.17 RW. 03 Kelurahan Lempuing. Sembilan warga yang tersebar di sembilan kecamatan itu menerima bantuan bedah rumah senilai total Rp 164 juta. Mereka adalah Hendra Gunawan dari Teluk Segara Rp 20 juta, Mansyur dari Muara Bangkahulu Rp 17 juta, Edi Wahono dari Kampung Melayu Rp 17 juta, Suhardi Ratu Agung Rp 20 juta, Sismaini dari Sungai Serut Rp 20 juta, Eli Hartati dari Ratu Samban Rp 20 juta, Anto dari Gading Cempaka Rp 15 juta, Muhammad Ali dari Singaran Pati Rp 15 juta dan Amirudin dari Selebar Rp 20 juta. “Bantuan ini akan diberikan secara bertahap kepada penerima. Nanti akan ada pengawasan agar bantuan yang disalurkan benar-benar untuk renovasi rumah,” kata Direktur Utama Bank Bengkulu H. Agusalim, SE, ME disela acara.

      Tampak hadir pada acara tersebut Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi, SE, ME, Plt. Direktur Kepatuhan Bank Bengkulu Ir. Eksir, Komisaris Utama Bank Bengkulu Drs. M. Ruslan Riza, MM, Komisaris Independen Bank Bengkulu Drs. Asmai Ishak, M. Bus, P.hD, pejabat eselon II, III dan IV Pemkot Bengkulu, Ketua RT. 17 dan masyarakat.

      Pada kesempatan itu Agusalim mengungkapkan, untuk penyaluran CSR kali ini Bank Bengkulu sengaja fokus pada RTLH. Karena sebelum-sebelumnya bantuan untuk masjid dan bidang pendidikan sudah cukup banyak. “Seperti yang kita lihat, masih banyak masyarakat kita yang tinggal di lingkungan dan kondisi rumah yang kurang layak. Ini perlu kita bantu juga,” ungkap Agusalim.

       Agusalim mengungkapkan, CSR merupakan program rutin yang dilakukan Bank Bengkulu sebagai bentuk tanggung jawab sosial. Dananya sebesar 3 persen bersumber dari keuntungan Bank Bengkulu. “Tahun 2018, CSR Bank Bengkulu yang disalurkan mencapai Rp 3,8 miliar,” ujar Agusalim. CSR yang disalurkan kepada masyarakat di kabupaten/kota, ujar Agusalim, berpotensi terus bertambah. Apalagi jika mendapat dukungan maksimal dari pemerintah daerah selaku pemegang saham. “CSR merupakan bentuk sinergitas antara Pemda dan Bank Bengkulu yang tujuannya untuk menyejahterakan masyarakat,” ujar Agusalim.

    Pada kesempatan itu Agusalim juga menyosialisasikan program kredit lunak untuk usaha kecil yang terkategori belum memenuhi syarat jika ingin mengajukan pinjaman ke bank. Bunga relatif kecil hanya 3,5 persen setahun. “Bunga ini lebih kecil dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar 7 persen. Bahkan lebih kecil dari Samisake. Kredit lunak ini juga bertujuan untuk membantu masyarakat jangan sampai terjerat rentenir,” ujar Agusalim.

     Untuk mekanismenya, masyarakat bisa tahu lebih lanjut tentang kredit lunak ini dengan mendatangi kantor-kantor cabang pembantu yang tersebar hingga di tingkat kecamatan. Beri Apresiasi Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi dalam sambutannya mengapresiasi penyaluran CSR Bank Bengkulu yang selama ini manfaatnya sudah dirasakan oleh masyarakat. “Semoga Bank Bengkulu terus menginsipirasi perbankan lain untuk menyalurkan dana CSR-nya,” kata Dedy.

      Penyaluran CSR, ujar Dedy, diatur oleh Undang-undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, serta Peraturan Pemerintah No. 47 tahun Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT. Dimana setiap perusahaan diwajibkan menyisihkan 1-5 persen laba setelah pajak atau profit after tax. “Nah, Bank Bengkulu ini baru 3 persen, masih ada saving 2 persen lagi. Mudah-mudahan kedepan yang 2 persen ini bisa ditambah lagi. Khususnya untuk masyarakat Kota Bengkulu,” ungkap Dedy.

       CSR untuk warga Kota Bengkulu, lanjut Dedy, wajar jika ditambah. Karena dari total sekitar 1,9 juta jiwa penduduk Provinsi Bengkulu, 400 ribu jiwa diantaranya berada di wilayah Kota Bengkulu. “Kita tahu, rumus CSR ini berdasarkan komposisi penanaman modal dari pemerintah daerah. Tapi mudah-mudahan kedepan bisa dipertimbangkan terkait konsentrasi penduduk yang lebih banyak itu di wilayah Kota Bengkulu,” pesan Dedy.

    Usai melakukan serah terima CSR secara simbolis, Direktur Bank Bengkulu, komisaris bersama wakil walikota melihat langsung kondisi rumah penerima bedah rumah. Yakni rumah Suhardi. Saat ini ia dan dua anaknya menempati lahan berukuran sekitar 7x10 meter dengan kondisi rumah yang tidak layak huni. “Kami berterima kasih kepada Bank Bengkulu yang telah memberikan bantuan bedah rumah. Semoga dengan dana ini, istri dan anak saya bisa menempati tempat tinggal yang bersih dan layak,” kata Suhardi.

Tidak ada fitur komentar

SUKU BUNGA

Nama Produk Suku Bunga
Tabungan Tabot 1,00 %
Tabungan Simpeda
Rp. 0 s.d. Rp. 500 Rb 0,50%
Rp. 500 Rb s.d. Rp. 5 Jt 1,00%
Rp. 5 Jt s.d. Rp. 50 Jt 1,25%
Rp. 50 Jt s.d. Rp. 500 Jt 1,50%
Diatas Rp. 500 Jt 2,00%
Tabungan Ku
Rp. 0 s.d. Rp. 500 Rb 0,00%
Rp. 500 Rb s.d. Rp. 1 Jt 0.25%
Diatas 1 Jt 1,00%
Deposito
1 Bulan 5.75%
3 Bulan 5.75%
6 Bulan 6.00%
12 Bulan 6.00%

Laporan Publikasi Triwulan

LAPORAN TAHUNAN